Hati-hati Bila Memberikan Makanan Ini Untuk Anak-anak

Hati-hati Bila Memberikan Makanan  Ini Untuk Anak-anak  –  Moms,  memang bikin pusing  ya  kalau punya  anak  yang susah  makan.   Maunya  ini, maunya itu  yang gizinya  tidak ada atau malah tidak sehat  bagi  mereka.  Beruntung sekali kalau di antara anda  mempunyai anak  yang tidak susah  makan  alias  lahap. Namun ternyata jangan senang dulu  kalau anak-anak anda gampang sekali  menerima  makanan  yang disodorkan.    Beberapa jenis  makanan berikut .

Hati-hati Bila Memberikan Makanan  Ini Untuk Anak-anak

Daging Junk Food

Adakalanya  kita bisa mengijinkan anak-anak  untuk makan makanan luar seperti  burger,  sosis,  aneka hotdog  dan  olahan lainnya ala  gerai cepat saji. Sesekali  boleh, sih.  tapi  batasi frekuensinya,  ya.  Soalnya selain bisa menyebabkan obesitas,  makanan seperti ini  mengandung  kolesterol, sodium dan nitrat yang bisa  menyebabkan kanker, lho.   Risiko  lainnya  yang bisa  timbul  juga penyakit  jantung, kolesterol dan diabetes. Mendingan  mengolah sendiri  di rumah dan jangan lupa  untuk  berkreasi  dengan menambahkan sayur  dalam masakan anda. Termasuk  di dalamnya kentang goreng  yang  memang disukai dan jadi favorit  saat  jajan di gerai  cepat saji  ini.

Minuman  Kemasan

Si Kecilsuka  sekali dengan softdrink,  aneka teh,  dan minuman lainnya  yang biasa dipajang di lorong  minuman di supermarket? Berikan pengertian  pada anak-anak  untuk  membatasi  konsumsinya. Pasalnya,  kandungan  gula atau pemanis  yang tinggi dalam minuman  ini bukan saja tidak baik bagi  kesehatan  gigi  mereka tapi  juga  bisa menyebabkan kegemukan dan  diabetes.  Mendingan  buatkan sendiri minuman bagi anak-anak dirumah. Misalnya dengan  susu, jus, olahan yogurt  dan minuman lainnya   buatan rumah  yang lebih aman dan pastinya  menyehatkan.

Keripik  Sayur dan Buah Yang Diawetkan

Kelihatannya sih sehat ya, Moms. Cemilan  yang terbuat dari bahan sayur  ini  jadi terlihat  lebih menggoda  dan enak untuk dinikmati.  Tapi tetap saja nutrisinya jadi  hilang saat diolah.  Selain  lemak dari  minyak  yang digunakan untuk diolah juga sudah mengandung pengawet  dan  penyedap  yang  bisa memicu  kanker. Begitu  juga  camilan  yang terbuat dari  buah-buahan.  Soalnya sudah mengandung banyak pemanis  yang pastinya  kurang biak   bagi kesehatan  kalau dikonsumsi terlalu  banyak  atau sering.  Tetap saja  nutrisi  terbaik  dari  buah-buahan  adalah  yang diolah dalam keadaan segar.   Coba deh  buat sate buah dengan variasi  warna  yang menarik.

Madu

Sebenarnya  madu memang sehat dan  baik bagi tubuh.  Namun bila si kecil belum genap berusia  satu  tahun,tunda dulu  untuk memberikan madu  pada  anak.  Masalahnya pemberian  madu  pada anak  yang belum berusia genap satu tahun bisa menyebabkan  mulutnya  kering dan keluhan lain seperti  mual,  muntah dan sesak  nafas.   Jangan lupa  juga untuk memerhatikan komposisi makanan dalam setiap kemasan, jangan  berikan  dulu  pada anak-anak  bila mengandung madu.

Keju

Makanan lain yang sebaiknya diperhatikan saat akan diberikan pada anak adalah keju.  Meski memang sehat dan mengandung kalsium,namun  keju  mengandung  kalori dan lemak  yang tinggi.  Anda masih bisa memberikan keju untuk anak-anak  tapi tetap ya, jangan terlalu banyak,  Moms.

referensi:fimela.com

gambar: favim.com