Manfaat Yang Bisa Didapatkan Ketika Memberi Maaf

Manfaat Yang  Bisa Didapatkan Ketika  Memberi Maaf  –  Ladies,   yakin deh  kalau di antara anda pernah mengalami rasa marah,  sedih, kecewa  dan perasaan  lainnya pada  orang lain yang sudah mengkhianati  atau menyakiti kita di masa lalu.  Apa sih yang anda  lakukan ketika ada  yang meminta maaf  untuk kesalahan atau kekhilafanna di masa lalu? Apakah anda  akan memberinya maf  atau mendiamkan dan tidak mau memaafkan?

Coba deh  dibalikan  kalau  kita  yang ada dalam  posisi  seperti  mereka. Rasanya tidak nyaman ya kalau  sudah diacuhkan dan tidak diberi maaf. Rasanya seperti  punya dosa  yang tidak terampuni.  Padahal,   Tuhan saja  maha  pemaaf, lho.

Tahukah  anda  kalau pemberian maaf  bukan saja diperlukan oleh orang lain yang memintanya tapi  juga bagi  yang memberikannya?  Ada  ungkapan yang mengatakan jauh lebih berat memaafkan daripada  memaafkan. Nah, agar tidak terasa  berat, coba simak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memberi maaf seperti yang dilansir  oleh Vemale  berikut  ini.

Manfaat Yang Bisa Didapatkan Ketika Memberi Maaf

Hati  Yang Bersih

Coba deh  anda ingat  orang yang pernah mengecewakan anda. Apasih rasanya? Sedih dan marah? Dengan memberi  maaf  yang tulus  perasaan  itu tidak akan mengganggu kita dan membuat kita tidak punya pikiran dan perasaan yang macam-macam. Sebaliknya  kalau kita tidak mau memaafkan akan membuat  hati terasa sempit  dan  sibuk memikirkan  luka di masa lalu.  Bebaskan  dan bersihkan hati dengan memaafkan.

Bebas dari  Beban

Rasanya seperti ada beban  di pundak  ketika  kita belum membri  maafkan. Bantulah diri anda dan mereka  yang meminta  maaf  untuk mendapatkan kedamaian.  Bukan dia  saja  yang meminta maaf  yang  merasakan plong karena  bebas dari  beban tapi  juga anda. Mau,  kan?

Berani  Untuk  Memaaafkan

Lawan ego diri anda untuk  memaafkan.  Manfaat  yang kita rasakan dari  memberi maaf  adalah menjalin kembali  hubungan yang baik  dan memulai  kembali lembaran baru.

Menghapus  Dendam

Tahukah anda kalau memberi  maaf  adalah seperti  obat.  Sakit hati  atau dendam  akan lepas dan hilang denga memberi maaf.  Semakin cepat  kita memaafkan,  semakin cepat  luka  itu akan sembuh.  Ayolah,  kita bukan manusia  yang sempurna.  Sangat  mungkin juga kita pernah melakukan kesalahan pada orang lain, bukan? Kalau kita ingin mendapatkan kesempatan kedua  untuk memperbaiki hubungan,   maka berikanlah kesempatan  yang sama pada orang  lain.

Hati  Yang Tenang

Nah,  apa  sih yang anda rasakan ketika  kata memaafkan sudah terucap?  Yup.  Lpong banget  kan rasanya?  Tidak ada lagi ganjalan yang mengganggu  dan semuanya terasa  bebas dan ringan.

Nah Ladies,  anda sudah  punya alasan  yang kuat untuk memaafkan dan membebaskan  dari kenangan buruk di masa  lalu.  Jadi mari saling memaafkan, ya.