Membongkar Mitos Yang Beredar Seputar Menstruasi

Membongkar  Mitos Yang Beredar  Seputar Menstruasi – Menstruasi atau haid adalah siklus  alami yang  dialami oleh setiap wanita yang sudah memasuki masa  puber.  Rata-rata pada usia 15 tahun seorang wanita sudah mengalami menstruasi.  Pada  beberapa orang bisa dialami lebih cepat, dan umumnya akan berhenti menjelang usia  50an  atau menopause.

alodokter-menstruasiSelama rentang usia produktif  antara 15-50 tahun itu setiap bulan seorang wanita akan mengalami menstruasi  bila sel telur dalam kandungannya  tidak dibuahi oleh sperma.  Dalam masa menstruasi  ini, tidak sedikit wanita  yang mengeluh sakit  dan tidak  bisa beraktivitas secara wajar.  Hal ini bisa terjadi karena terjadinya perubahan hormonal dalam tubuhnya.  Akan tetapi ada  beberapa  mitos  yang  berkembang yang seharusnya tidak  ditanggapi secara serius  oleh para wanita  seputar menstruasi ini. Nah, mitos apa saja itu? Yuk, kita  cari tahu.

Minum Minuman Bersoda Untuk Mempercepat  Siklus Menstruasi

Ingin menstruasinya cepat selesai, kadang membuat sebagian wanita  memilih sejumlah minuman untuk membantu keinginannya terwujud. Misalnya saja dengan minum minuman bersoda. Sayangnya, anjuran ini tidak akan manjur  untuk membuat siklus bulanan jadi cepat selesai lho,ladies.  Ada faktor lain yang memengaruhi lama atau sebentarnya siklus ini. Misalnya saja kesehatan, hormon dan pikiran.  Jadi sama sekali tidak ada  hubungannya cepat  lamanya menstruasi dengan minuman  bersoda. Malah, bagi sebagian orang, minuman bersoda  ini bisa membuat kembung yang akan menjadikan perut kita semakin tidak nyaman. Meski demikian ada kok sejumlah minuman  yang membantu melancarkan menstruasi secara alami.

Tidak Boleh Mium Air Es

Ada juga yang berpendapat  minum es akan membuat  siklus bulanan bermasalah. Padahal, tiak ada efeknya sekali dengan siklus bulanan. Tidak usah takut minum air es, karena tidak akan membuat darah menstruasi  yang seharusnya keluar jadi terhambat karena membeku.  Lain ceritanya kalau anda sedang flu, misalnya.

Memakai Pembalut Bisa Membuat Mandul

Ada yang bilang kalau menggunakan pembalut bisa membuat kita jadi mandul. Nah, lho! Padahal kita membutuhkan pembalut agar darah yang keluar tidak membasahi celana  dan pakaian, apalagi kalau sedang banyak-banyaknya.

Jadi yang betul itu adalah tetap memakai pembalut selama menstruasi, asalkan jangan lupa untuk menggantinya secara teratur minimal antara 3-4 jam sekali. Selain mencegah agar tidak tembus  juga menjaga kondisi miss V tetap sehat dan terhindar dari iritasi atau bakteri.

 Jangan Berenang Kalau Sedang Menstruasi

Sebenarnya anda masih bisa berenang saat menstruasi  kok, ladies.Asalkan jangan lupa tetap memakai pembalut.

Tidak Bisa Hamil Kalau belum Menstruasi

Ini adalah fakta  yang unik. Sebenarnya  seorang perempuan yang belum menstruasi sangat mungkin untuk hamil, atau sebaliknya, seorang anak  yang sudah menstruasi belum tentu  juga akan hamil bila dibuahi.  Seorang perempuan bisa saja hamil jika sel telurnya sudah matang.  Namun yang sudah menstruasi belum tentu sel telurnya sudah matang.  Menstruasi bisa terjadi karena sudah dihasilkannya sel telur atau tanpa sel telur.