Plus Minus Satu Rumah Dengan Mertua

Plus Minus Satu Rumah Dengan Mertua –   Banyak  yang merasa lebih aman dan  nyaman bila  setelah menikah, tinggal terpisah  dengan mertua. Betulkah  begitu?  Ada  yang  memang  terpaksa  pindah  dan tinggal  berjauhan dengan  mertua  karena alasan pekerjaan atau  memang  sering ribut  dengan  orang tua dari suami atau istri.  Tapi  ada juga kok  yang bisa  hidup rukun dan bisa bersahabat  dengan mertua.

Terlepas  dari  pilihan  untuk  tinggal dengan metua  atau tidak,  sebenarnya  kita harus  adil menilai sesuatu  dari sisi  positif  dan  negatifnya, kan? Dan tidak semua orang ada dalam  kondisi  yang sama,  lho.    Jadi sebelum  memutuskan  untuk  keluar  atau bertahan bersama  mertua, coba pertimbangkan dulu  plus minusnya bila  tinggal bersama  mertua.

Plus Minus Satu Rumah Dengan Mertua

Yuk Kita Lihat dari sisi  Plusnya.

Ada  Yang Mengasuh Cucu

Saat  usia sudah beranjak senja,  kebanyakan orang tua lebih suka memghabiskan harinya dengan mengasuh  atau bermain dengan cucu. Kabar  baik  bagi anda yang pusing mencari  baby sitter atau day care  yang cocok.  Anda tidak perlu cemas  soal keamanan  anak-anak  anda. Mana ada sih mertua  yang tega menyiksa cucunya sendiri?

Hemat Waktu  

Coba kalau anda bersama suami bekerja  dan sering bolak balik ke rumah  mertua atau orang tua  untuk menitipkan anak selama  anda berdua  bekerja?  Lumayan menyita waktu. Anda harus  berangkat lebih awal  untu mampir  menitipkan anak  dan menjemputnya nanti setelah  pulang kerja.  Belum lagi harus menyiapkan pakaian  ganti dan bekal makan siang anak-anak.  Lain ceritanya  kalau  tinggal  bersama dalam satu rumah.  Anda  punya banyak waktu untuk bersiap-siap sebelum berangkat kerja dan langsung pulang ke rumah setelah menyelesaikan pekerjaan, kan?

Pola Asuh  Untuk Anak-anak

Belum tentu  cara  mengasuh baby sitter cocok dengan  nilai-nilai atau etika keluarga anda.  Kalau dengan orang tuaatau mertua,  tentunya tidak  jauh berbeda. Mertua anda akan mengasuh  cucu-cucunya dengan cara yang  sama ketika  mereka mengasuh anak-anaknya  termasuk suami anda.

Oke, itu sisi plusnya.  Yuk cari tahu juga apa  minusnya  kalau tinggal bersama mertua.

Berselisih Paham

Anda dan mertua  bisa terlibat konflik dalam hal-hal tertentu.  Apalagi  kalau anda merasa  mertua terlalu dalam mencampuri  urusan rumah  tangga. Masalah bisa lebih runyam kalau anda dan suami  seperti tersandera karena  mertua  masih membantu kebutuhan finansial untuk rumah tangga anda.  Masalah  lainnya  juga bisa timbul,  misalnya kalau  mertua tidak senang melihat rumah  yang berantakan sementara kita sebagai menantu terlalu cuek atau sibuk dan tidak sempat  membereskan  rumah.

Berebut Perhatian

Biasanya  konflik  yang timbul  dalam rumah tangga  adalah berebut  perhatian antara  mertua dan menantu  dari suami anda.

Anak Menjadi Manja

Kecenderungan orang tua  yang harus diperhatikan adalah  suka memanjakan  anak dan lebih mudah mengabulkan permintaan anak-anak, sementara kita sebagai orang tua  tidak  menghendaki hal itu.