Tips Ampuh Mengatasi Anak Yang Pura-pura Tantrum

Tips  Ampuh  Mengatasi  Anak Yang  Pura-pura  Tantrum  –  Secara  sederhana  Tantrum bisa diartikan dengan sikap  anak  usia  pra sekolah  yang menunjukan  ekspresi  kemarahannya  dengan disertai  berbaring  di lantai,  berteriak,  menendang dan kadang-kadang sambil menahan  marah ketika  merasa frustasi. Namun tidak selamanya  anak-ana yang menunjukkan gejala seperti  ini adalah  anak  yang sedang tantrum. Bisa  jadi mereka  sedang  berpura-pura  alias  memanipulasi sebagai cara  mereka  agar  keinginannya dipenuhi.

Berikut  ini adalah beberapa cara yang bisa  kita lakukan agar anak-anak tidak membiasakan diri berulah tantrum  agar keinginannya  terpenuhi.

Girl with Hands over Ears Screaming

Apa Yang Dibutuhkan Anak

Kenali dulu  apa sebenarnya  keinginan mereka. Tidak selalu  harus  kita tolak atau kita  penuhi segera.   Caranya,  tunda  beberapa waktu sebelum kita  memenuhi  keinginannya.  Dengan begini, anak-anak akan belajar  untuk bersabar  menunggu  orang tua  meluluskan  keinginannya.

Jangan Mengobral Janji

Mulai sekarang tinggalkan memberi  iming-iming atau kebiasaan mengumbar  janji pada anak, apalagi ketika anak  sedang  rewel. Ingatlah lah, anak0-anak akan mengingat  janji anda dan akan menagihnya.   Lama-lama  ia akan menggunakan  jurus  ini setiap  ia mempunyai keinginan.

Bedakan  Caranya Menangis

Anda akan mengenali  mana  yang nangis sungguhan atau  mana  yang cuma  pura-pura saja.  Misalnya saja  saat  ia  melirik anda  dan berusaha  terlihat berair  mata,  itu adalah salah satunya ia sedang memanipulasi tangisannya.

Time  Out

Saat  ia kesal anda  masih mengacuhkan  dan tidak meluluskan keinginannya,  bisa jadi anak akan berusaha  melakukan sesuatu  misalnya merusak  barang  atau melemparkannya  agar  anda  memenuhi  permintaannya.  Jangan mengalah, Mom.  Giring anak  ke dalam kamar  dan berikan  penjelasan  bahwa  tindakannya tadi tidak benar. Katakan  juga  pada anak  kalau ia tidak boleh keluar  kamar  kalau belum tenang.

Berikan Pelukan

 Anda sudah  mencoba memberikan pelukan  namun ternyata belum berhasil.  Kali ini waktunya bagi anda memberikan pelukan yang  kuat  dan jelaskan  caranya mengamuk adalah  hal yang buruk.  Saat anda menolak keinginannya  belum tentu anda tidak sayang pada anak. Misalnya  ketika  ia meminta dibelikan es krim dan tidak anda luluskan  karena anak sedang  flu.

Menjauh Dari Tempat Umum

Ada cara  lain  yang dilakukan anak dengan mengamuk di tempat  keramaian. Ia berharap dengan  cara seperti  ini annda akan segera  memenuhi keinginannya  agar tidak  malu.  Segera  bawa  anak ke mobil atau  toilet  umum  dan  tunggu lah sampai emosinya reda atau kalau sudah parah, saatnya  bagi anda untuk membawa mereka  pulang.

JanganTerbawa Emosi 

Memang gemas dan bikin malu  kalau anak mengamuk di tempat  umum. Namun  jangan sampai  ketika anak  memanipulasi tantrum membuat anda jadi  kesal dan  meninggikan nada bicara. Ini juga trik yang dilakukan anak agar anda segera  memenuhi permintaannya.  Cari tempat yang sepi dari  keramian  lalu tarik nafas  secara perlahan sampai anda kembali  tenang.  Jangan coba-coba  untuk mengungkit  permintaan anak  ketika  ia pernah tantrum.  Bisa-bisa  tantrumnya akan kambuh  lagi.

gambar: russia-insider.com

referensi: ayahbunda.