Tips Bijak Meminimalisir Risiko Akibat Penggunaan Kartu Kredit

Tips Bijak Meminimalisir  Risiko Akibat Penggunaan Kartu Kredit –  Ladies,  saat  seperti  ini memang dianggap lebih aman dan praktis tidak membawa  uang tunai  untuk transaksi.  Cukup dengan menggunakan  kartu debet  atau kartu  kredit  semua  pembayaran  bisa diselesaikan dengan mudah.  Jadi,  uang tunai dalam dompet  cukup  bawa seperlunya saja.

Berbeda dengan  kartu debet  yang  memotong langsung saldo rekening  tabungan,  penggunaan kartu kredit sama dengan berhutang. Tidak  usah takut  tidak bisa membayar  belanjaan  karena saldo  yang kurang. Akan tetapi ada sisi  negatif lainnya dari  kartu kredit  kalau tidak  bisa  bijak menggunakannya.

Tips Bijak Meminimalisir  Risiko Akibat Penggunaan Kartu Kredit

Ladies,  agar tidak terbelit  oleh hutang  bunga  berbunga  yang ditimbulkan  oleh kartu kredit, yuk simak beberapa tips  berikut  ini.

Jangan Selalu Membawa  Kartu Kredit  Berpergian

Kecuali memang ada keperluan  yang akan dibeli atau dipenuhi dengan kartu kredit, maka sebaiknya anda tidak usah membawa  kartu kredit  ketika berbelanja. Cukup membawa  uang tunai atau kartu debet  saja  untuk transaksi saat  berbelanja nanti.  Cara  ini  cukup ampuh  untuk mengerem  lapar mata  yang mendadak kambuh karena tergiur aneka promo  yang ditawarkan bila berbelanja dengan kartu kredit.  Simpanlah kartu kredit  di tempat  yang bikin anda repot  mencarinya  sehingga  anda  malas  untuk mencari dan membawanya ketika  akan berpergian.

Hitung Bunga Yang Harus Dibayar

Meski pun aneka  promo  barang di mall atau toko menawarkan  diskon  yang menggiurkan, jangan sampai  anda melupakan bunga yang timbul akibat penggunaan  kartu kredit.  Bila tidak bijak menggunakan,  malah anda harus  membayar  lebih besar  dibanding dengan menggunakan kartu kredit.

Disiplin

Kalau  anda komitmen untuk menggunakan kartu kredit  sampai limit tertentu, usahakan setiap bulan tidak melebihi  limit  yang dipilih. Begitu  juga dengan besaran cicilan  yang harus dibayar setiap bulan.  Buang jauh-jauh pikiran  untuk mengurangi  cicilan yang akan dibayar. Ingat  lho, sistem  bunga   berbunga kartu kredit dihitung dari sisa cicilan yang harus  dilunai. Semakin besar sisa cicilan, semakin besar  bunga yang harus dibayar.

Buang Gengsi

Kalau anda merasa  malu tidak ikut kekinian memiliki kartu kredit, buang jauh-jauh pandangan seperti  ini. Pilih mana, gengsi  atau banyak hutang?  Yang penting  kebutuhan  setiap bulan terpenuhi.  Lupakan godaan promosi  yang sebenarnya tidak anda  butuhkan.  Untuk promo  makan dengan diskon tertentu sebenarnya  tidak  jauh berbeda  bila anda membayar cash. Meski dikatakan mendapatkan diskon, pintar-pintarlah  untuk memanfaatkannya. Kalau bisa bayar tunai kenapa  harus  cicil? Lagi pula anda tidak punya  beban lagi karena  sudah  tidak ada  hutang, bukan?

 Jadi daripada membebani anda,  ide menutup  kartu kredit  bukanlah sesuatu  yang buruk. Setiap akhir bulan anda tidak  perlu lagi dibuat  pusing karena terus-terusan ditagih debt collector.

gambar: lifehacker.com