Tips Bijak Mengatur dan Mengelola Uang THR

Tips Bijak Mengatur dan Mengelola Uang  THR  – Ladies, tidak terasa  ya sudah hampir  2/3  dari bulan puasa  kita jalani.  Kalau begitu,  tidak lama lagi kita akan mendapatkan THR  dan menikmati  cuti  panjang lebaran. Wah, asik, dong. Ngomong-ngomong mau dilalokasikan untuk apa  sih uang THR  yang nanti akan dapatkan?

Kalau  kita bijak menyikapi soal THR seharusnya kita  bisa mengatur pengeluaran  uang THR  ini  tanpa  ahrus  menghabiskannya.     Ada  beberapa tips  yang bisa anda simak berikut  ini  agar pengelolaan  uang THR  jadi lebih baik.

Tips Bijak Mengatur dan Mengelola Uang  THR

Jadikan Sebagai  Tabungan

Tidak selalu  lebaran  harus  identik dengan baju atau sepatu  baru, bukan?  Kalau  pengeluaran bulanan sudah terpenuhi  dan  koleksi pakaian  yang dimiliki  masih banyak yang layak pakai,  sebaiknya  uang THR  yang didapatkan disimpan  saja, hitung-hitung sebagai dana taktis. Kalau pun  ada  yang ingin  kita belanjakan,  buatlah daftar prioritas  untuk alokasi belanja lebaran  anda. Misalnya untuk  membeli tiket  mudik, angpaw  untuk keponakan atau  oleh-oleh lebaran  bagi saudara di kampung halaman. Sementara  itu uang  lebaran  yang tersisa  bisa  kita tabung  dalam bentuk simpanan  atau  investasi.

Membayar Hutang

Nah,  kalau  anda  punya hutang  yang harus diselesaikan  seperti  cicilan kendaraan  atau rumah, kenapa tidak digunakan saja  untuk melunasi cicilan ini?  Konsekuensinya  memang  rencana kita  bersenang-senang  saat libur lebaran jadi tertunda  atau harus  dikorbankan.  Tapi tidak ada  yang lebih melegakan  kalau kita bebas dari hutang, bukan?

Selain menyelesaikan  cicilan  hutang  uang THR  juga bisa kita  gunakan untuk  membayar tagihan rutin bulanan  lainny. Misalnya saja  memperpanjang SIM atau STNK,  membayar  THR bagi  asisten  di rumah atau sopir  atau  bila  masih tersisa  akan lebih mulia  bila kita membeli paket  atau bingkisan  bagi saudara  atau tetangga  yang kurang mampu. Mengorbankan rencana  kita  untuk menyenangkan  orang  lain, kenapa tidak? Pahalanya  besar,  lho. Percayalah,  pasti kita akan mendapatkan rejeki  dari jalan lain yang tidak kita  duga-duga.

Renovasi Rumah

Saat  anak-ana  atau  anggota keluarga  lainnya mengeluh dengan kondisi  rumah  yang bocor,   pagar  yang  rusak atau cat  yang  sudah pudar dan mengelupas,   inilah saatnya memanfaatkan uang  THR  untuk melakukan renovasi kerusakan kecil di rumah.

Jangan  lupa  juga  untuk menganggarkan  membayar  zakat  fitrah dan zakat  maal dari  THR yang anda dapatkan agar  jadi rejeki yang berkah.

Sedikit Bersenang-senang Bolehlah

Kalau  memang  anggota keluarga anda  sudah  lama tidak berekreasi, sebenarnya  tidak salah  juga  bila  lebaran  nanti  dimanfaatkan  untuk berlibur  dan jadi quality time  bersama semua anggota keluarga. Pilihlah tempat liburan  dengan  anggaran  belanja yang sesuai dengan  uang  yang dimiliki. Jangan sampai uang THR  jadi habis tidak menentu atau malah setelah lebaran  kita malah berhutang  karena kebablasan membelanjakan  uang THR.

gambar: escapefromamerica.com