Tips  Jitu dan Cerdas  Berinvetasi  Yang Aman  –    Memiliki tabungan?  Rasanya hampir  setiap orang sudah  memilikinya, ya.  Tapi  biasanya  tabungan  ini  hanya numpang lewat saja, untuk menyimpan transfer  gaji atau  lalu lintas pembayaran bagi yang punya bisnis. Padahal  bunga  yang ditawarkan oleh  bank  untuk simpanan  tidak seberapa.  Malah lebih  besar potongan yang kita terima dari  biaya administrasi, pajak dan potongan lainnya. Belum lagi kalau  kita dibuat lapar mata   dan gatal  ingin menggesekan  kartu debit  atau kredit  untuk belanja.

Menyimpan uang dalam rekening  yang dikunci seperti  deposito,  reksadana  atau  bentuk lainnya akan membantu mengerem kita agar tidak boros  menghabiskan uang. Namun investasi  apa sih yang cocok untuk kita  pilih sebagai tabungan masa depan?  Yuk  cari tahu  di sini.

Tips  Jitu dan Cerdas  Berinvetasi  Yang Aman

Memilih Jenis  Asuransi

Asuransi  adalah salah satu  jenis investasi  yang baik untuk merencanakan pendanaan kebutuhan kita di masa depan. Tentukan skala prioritas  anda,  karena setiap  orang mempunyai kebutuhan yang berbeda. Ada yang mengutamakan asuransi  untuk pernikahan,  pendidikan, kesehatan atau hari tua. Mana  yang paling urgen? Anda sendiri yang lebih tahu.

Selisih  Penerimaan dan Pemasukan

Berapa  gaji yang anda terima dan berapa pengeluaran anda setiap  bulannya? Semoga tidak defisit, ya. Kalaupun tekor,coba cek lagi pengeluaran bulanan anda. Adakah konsumsi  yang bisa dipangkas dan dialihkan untuk investasi? kalau ternyata tidak cukup, saatnya anda untuk mencari penghasilan ekstra  di luar  gaji bulanan anda.

Perhatikan Suku Bunga

Anda akan menyimpan uang dalam bentuk deposito? Bandingkan suku  bunga  yang ditawarkan dan tingkat inflasi yang sedang terjadi.  Bila tingkat inflasi lebih tinggi dari  suku bunga deposito,  tunda dulu rencana anda. Alihkan untuk investasi  lain yang lebih aman. Misalnya saja logam mulia,   membeli tanah  atau  lainnya.

Variasikan Investasi

Jangan simpan  uang anda hanya dalam satu jenis investasi saja. Anda bisa berinvetasi  dalam berbagai  bentuk misalnya emas.  reksadana,  tanah atau  bisnis  lainnya.  Sebaiknya anda juga mempunyai invetasi  yang likuid dan mudah dicairkan seperti emas.  Ini akan membantu anda untuk  mendapatkan dana segar  dalam situasi  mendesak. Misalnya orang tua sakit,  biaya melahirkan karena harus menjalani operasi cesar dan peristiwa tidak terduga lainnya  yang bisa dialami.  Namun  jangan sampai anda  membabi  buta dalam menginvestasikan  uang anda.  Tetap perhatikan risikonya, ya.

Jangan lupakan  juga  instansi  atau perusahaan  di mana kita akan berinvestasi. Pilih perusahaan  yang bonafid, terpercaya dan track record  yang bersih  Jangan tergoda dengan tingkat  suku bunga yang tinggi atau investasi dengan iming-iming yang menggiurkan. Tetap  gunakan akal sehat dalam mempertimbangkan  keuntungan yang ditawarkan, Abaikan investasi  yang menjanjikan keuntungan bulanan karena biasanya yang seperti  ini  yang  mengakali nasabahnya.

 

gambar: lifehacker.com

http://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/10/Tips-Jitu-dan-Cerdas-Berinvetasi-Yang-Aman.jpghttp://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/10/Tips-Jitu-dan-Cerdas-Berinvetasi-Yang-Aman-150x150.jpgWanitaIdamanKeuangancara memilih investasi,memilih investasi yang aman,tips cerdas investasi
Tips  Jitu dan Cerdas  Berinvetasi  Yang Aman  -    Memiliki tabungan?  Rasanya hampir  setiap orang sudah  memilikinya, ya.  Tapi  biasanya  tabungan  ini  hanya numpang lewat saja, untuk menyimpan transfer  gaji atau  lalu lintas pembayaran bagi yang punya bisnis. Padahal  bunga  yang ditawarkan oleh  bank  untuk simpanan  tidak seberapa.  Malah...