Tips  Komunikasi Dengan Anak  Yang Suka Protes  – Mungkin anda pernah mengalami  ketika buah hati susah diatur, malah yang ada dia kan mengatur anda.  Maunya inilah, itulah. Keras kepala  dan  ada saja alasannya untuk membantah anda. Secara  umum, sebenarnya  ini adalah hal yang wajar karena  memang sedang masanya  mereka  senang mencari tahu banyak hal, sehingga ia ingin maunya dituruti.   Jangan dulu kesal atau marah bila si kecil sudah banyak maunya.  Ini caranya  yang bisa kita lakukan untuk menghadapi mereka  tanpa emosi.

Tips  Komunikasi Dengan Anak  Yang Suka Protes

Berkomunikasi Dengan  Bahasa Anak

Saat ia mulai rewel,  posisikan anda sejajar dengan mereka sambil menatap matanya.  Misalnya saja ia tidak mau menghabiskan makanan, alih-alih memarahinya coba bujuk mereka  denan mengatakan hal seperti  ini. “Kalau kamu makannya sedikit, nanti tidak  bisa main  karena kamu kurang tenaga.” Anak-anak anda akan lebih mudah menuruti  nasihat anda  jika mendapat  bujukan seperti ini.

Buat Mereka Senang

Saat si kecil selesai  bermain dan meninggalkan mainannya dalam keadaan berantakan, cara  yang lebih mudah diterima oleh anak-anak adalah dengan membuat mereka senang  dan bersemangat. Misalnya saja dengan mengatakan “Kamu  pinter deh kalau mau  membereskan mainan.”

Jadi Contoh  Bagi Anak

Saat anda  mengatakan do  and dont  pada anak, seharusnya anda juga  konsekuen dengan  apa yang dikatakan. Misalnya saja  ketika anda menyuruh anak menghabiskan makanan, maka  anda dan pasangan (suami atau istri) juga harus melakukan hal yang sama.

Inspirasi Dari Buku

Anda bisa juga menyampaikan pesan pada anak bukan dengan kata-kata.   Buku atau film  pun bisa  membantu andak menyampaikan pesan. Tidak sedikit  kok dari buku, film  atau dari internet ini juga bisa jadi inspirasi  dan contoh  yang  baik untuk anak. Membacakan cerita  atau mendampingi mereka untuk menonton  bisa  menjadi  cara yang asik untuk anak  belajar hal baru sekaligus mendapatkan pesan moral tanpa merasa digurui secara langsung.


Ngobrol Santai

Memberikan nasehat kepada anak tidak harus selalu dalam suasana  yang serius. Anda bisa  menciptakan suasana santai dan menyelipkan pesan anda tanpa membuat anak merasa tidak nyaman. Sesekali, anda bisa mengajak anak-anak untuk makan di luar sambil bertanya  mengapa belakangan ini  putera atau puteri anda susah  bangun pagi misalnya. Saat merasa rileks, mereka  tidak merasa terancam untuk menyampaikan alasannya.

 

Buat Kesepakatan

Meski demikian, bukan berarti  posisi tawar anda sebagai orang tua jadi kalah oleh anak-anak.  Anda dan  anak-anak bisa membuat kesepakatan bersama. Misalnya saja ketika  ia  lupa  pulang terlambat dan tidak  meminta  izin terlebih dulu atau untuk alasan yang tidak tepat, jatahnya untuk  nonton tv jadi berkurang atau ia harus  membantu mencuci piring. Dengan konsisten memberikan  hukuman karena mereka sudah melanggar kesepakatan, anak-anak akan menaruh respek dan hormat pada anda sebagai orangtua.

sumber: ayahbunda

http://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/06/Tips-Komunikasi-Dengan-Anak-Yang-Suka-Protes.jpghttp://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/06/Tips-Komunikasi-Dengan-Anak-Yang-Suka-Protes-150x150.jpgWanitaIdamanPola Asuhtips agar anak menuruti nasehat,tips bila anak protes,tips komunikasi dengan anak
Tips  Komunikasi Dengan Anak  Yang Suka Protes  - Mungkin anda pernah mengalami  ketika buah hati susah diatur, malah yang ada dia kan mengatur anda.  Maunya inilah, itulah. Keras kepala  dan  ada saja alasannya untuk membantah anda. Secara  umum, sebenarnya  ini adalah hal yang wajar karena  memang sedang masanya  mereka ...