Tips Mengelola Keuangan Keluarga  Ala Ligwina Hartanti – Ladies,  yang namanya masalah keuangan  itu memang soal yang sensitif dan serius,  ya. Termasuk juga dengan keuangan keluarga.  Jangan sampai kita tidak cermat mengelolanya. Kalau suah habis sebelum waktunya gajian,bisa-bisa  membuat  anda dan suami  jadi ribut.  Padahal idealnya  penghasilan bulanan keluarga  baik dari suami anda saja, atau gabungan bila anda bekerja atau berusaha  bukan saja untuk memenuhi  kebutuhan  bulanan tapi  juga investasi  untuk jangka panjang. Misalnya saja tabungan pendidikan  anak-anak, cicilan rumah atau kendaraan,  belum lagi keperluan tak terduga lainnya.

Tips Mengelola Keuangan Keluarga  Ala Ligwina Hartanti

Menurut  Ligwina Hartanti, seperti yang dilansir  oleh ayahbunda, soal pengelolaan keuangan  bukan soal besar  kecil penghasilan. Kalau tidak cerdas  atau salah mengelolanya  bisa  saja  penghasilan  100 juta sebulan bisa ludes  sebelum akhir bulan dan hanya tersisa  500  ribu saja.

Masa, sih? Anda pasti heran kenapa  bisa terjadi seperti ini, ya.  Kalau gaya hidup kita memang boros,  bisa saja tadi, lho. Nah, agar  kita bijak mengelola  keuangan, yuk simak tips yang dibagikan berikut ini.

 

Memahami Portofolio keuangan keluarga

Coba buat rekapitulasi pengeluaran bulanan. Berapa  besaran rata-rata yang  harus dibayar  untuk tagihan  bulanan seperti  listrik, telepon, pemeliharaan kendaraan, belanja bulanan,  cicilan kartu kredit, cicilan rumah, cicilan kendaraan dan keperluan  rutin lainnya yang harus  dibayar.  Cek juga ada berapa tabungan yang tersimpan di bank.

Buat Rencana keuangan

Buatlah rencana keuangan  yang masuk akal dan sesuai dengan  pemasukan keuangan anda.  Penuhi dulu kebutuhan bulanan  yang  rutin dan utama, barulah kita bisa menyisihkan untuk  jalan-jalan, makan di luar, nonton atau bahkan liburan. Pastikan anda juga disiplin dengan anggaran yang sudah dibuat.

Bedakan Butuh dan Ingin

Ini yang sering membuat kita  kebobolan. Kadang  kita begitu tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Cobalah buat daftar keuangan mana  yang anda  butuhkan dan mana yang diinginkan. Prioritaskan  mana yang benar-benar butuh sebelum anda memutuskan untuk membeli yang diinginkan. Pikirkan secara matang  ketika akan membeli yang diinginkan. Apakah  banyak manfaat yang bisa didapatkan?

Jangan Coba-coba Berhutang

Kecuali untuk urusan terdesak, sebaiknya  buang rencana  anda untuk berhutang. Ingat lho, namanya  juga hutang, tentu harus dibayar bukan? Apalagi  kalau berhutang dengan kartu kredit. Pastikan anda  bisa membayar seuai jatuh  tempo atau  malah sebelumnya. Semakin anda menunda membayar  hutang semakin besar cicilan  plus bunga  yang harus dibayar.

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Ketemuan teman di kafe ya boleh, sih. Apalagi kalau untuk keperluan yang penting. Tapi kalau Cuma untuk  ngobrol  ngalor ngidul ga jelas, mending abaikan saja, Ladies. Hitung deh berapa banyak uang  yang bisa dihemat  kalau  tempat ketemuannya dipinahkan ke rumah.

Komitmen Dengan Target

Anda pasti  punya rencana masa depan, kan? Punya rumah sendiri, kendaraan atau sekolah  untuk si kecil.  Dengan membuat timeline  target masa  depan anda, akan membuat  untuk  komitmen dan serius  memenuhinya.

Jangan Lupa Menabung

Jadi jangan sampai semua  penghasilan bulanan anda dihabiskan untuk keperluan ini dan itu sementara rekening tabungan  hanya numpang lewat dan kosong lagi di akhir  bulan.Buatlah rekening terpisah untuk tabungan dan meyimpan uang untuk keperluan harian.

Berinvestasi

Sudah  waktunya anda melipatkan uang dengan cara berinvestasi.   Jangan khawatir dengan risikonya. Sebelum memutuskan  akan dikelola di mana atau dengan  cara  apa, biasanya para konsultan akan membantu menjelaskannya pada anda.

http://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/06/Tips-Mengelola-Keuangan-Keluarga-Ala-Ligwina-Hartanti.jpghttp://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/06/Tips-Mengelola-Keuangan-Keluarga-Ala-Ligwina-Hartanti-150x150.jpgWanitaIdamanKeuangancara mengelola keuangan keluarga,tips family financial planing,tips manajemen keuangan keluarga
Tips Mengelola Keuangan Keluarga  Ala Ligwina Hartanti - Ladies,  yang namanya masalah keuangan  itu memang soal yang sensitif dan serius,  ya. Termasuk juga dengan keuangan keluarga.  Jangan sampai kita tidak cermat mengelolanya. Kalau suah habis sebelum waktunya gajian,bisa-bisa  membuat  anda dan suami  jadi ribut.  Padahal idealnya  penghasilan bulanan keluarga ...