Tips Menghadapi Anak Dengan Kebiasaan Picky Eater – Ladies, rasanya cemas  ya  kalau memerhatikan si kecil yang susah sekali  untuk  makan atau  milih-milih  makan alias  picky eater. Inginnya kita sih makan dengan teratur dan menu yang sehat. Cuma  ya, susahnya  itu mereka  malah lebih  suka makan di luar  atau  junk  food seperti  kentang goreng atau ayam crispy.  Kurang baik  bagi kesehatan dan bisa menyebabkan obesitas.  Nah,  berikut  ini adalah beberapa cara  yang bisa  kita lakukan  untuk menghadapi  perilaku anak yang punya kecenderungan picky eater  seperti  yang dilansir oleh babycenter.com.

Tips Menghadapi Anak Dengan Kebiasaan Picky Eater

Buat  Tampilan Yang Menarik

Ini   mungkin yang kita abaikan.  Coba deh  buat  sajian  makanan  yang tampak menarik dan warna warni.  Anda bisa membuat  sate buah dengan potongan yang lucu dan berwarna-warni atau menyiapkan  bekal makan siangnya dengan  tomat,  timun, telur  mata  sapi,  sosis  dan  sayuran dengan  potongan  yang lucu-lucu.

Jangan Paksa Si Kecil Memilih

Seperti juga kita  orang dewasa,  anak-anak pun punya selera dalam memilih  makanan. Jadi jangan marah  atau memaksa  mereka  untuk memilih  menu makanannya.   Yang bisa kita ajarkan adalah  si kecil  harus mengambil makanan  dalam jumlah  yang cukup dan  pastikan mereka sanggup  menghabiskan  makanan  yang sudah  dipilihnya.

Modifikasi Makanan

Kebanyakan anak-anak sangat menyukai  kentang  goreng seperti  yang didapatkannya di gerai  makanan cepat saji.  Jangan langsung memarahi dan melarang  mereka  untuk menikmatinya. Siasati  untuk  memberikan menu  makanan  dengan bahan yang mirip.  Misalnya saja  dengan memberikan menu mash potato  yang  lebih sedikit penggunaan  minyak  goreng. Semakin kreatif kita  membuat  sajian dari  bahan yang sama, dijamin deh  akan membuat  anak tidak akan protes  bila anda tidak  memberi mereka kentang goreng kesukaannya.

Jangan  Terlalu Sering Memberi Camilan

Cara  agar  anak lahap ketika makan adalah memberikan makan pada waktu mereka  merasa  benar-benar  lapar.  Caranya adalah dengan mengurangi  porsi camilan  untuk mereka. Terlalu sering  atau intens membiarkan  anak mengemil akan membuat  mereka  sulit  merasa  lapar atau  kehilangan selera makan ketika waktu makan tiba. Sambil menunggu waktu makan, arahkan mereka  untuk melakukan  aktivitas  lain  seperti bermain misalnya.

Jangan Stres  atau Panik

Jangan buru-buru panik  dan membandingkan si kecil dengan anak  yang lain  bila mereka masih susah makan.  Saat stres  atau tertekan,  akan membuat  kita  tidak sabara melihat  kebiasaan makan anak.  Santai saja,  ya, Moms.

Mulai  Sedini Mungkin

Pola makan yang seaht  bisa  dimulai sedari dini  ketika anak-anak masih kecil. Anda juga  bisa membiasakan  makan  makanan  yang sehat dengan membiasakan sarapan yang sehat dan bergizi.

Tanya Ahlinya

Masih khawatir  kebiasaan makan mereka  masih  sulit berubah? Jangan  menyerah, coba tanyakan pada ahlinya  atau dokter anak  untuk mendapat  solusi  yang  tepat.

http://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/10/Tips-Menghadapi-Anak-Dengan-Kebiasaan-Picky-Eater.jpghttp://wanitaidaman.com/wp-content/uploads/2015/10/Tips-Menghadapi-Anak-Dengan-Kebiasaan-Picky-Eater-150x150.jpgWanitaIdamanPola Asuhcara menghadapi anak yang susah makan,tips bila anak susah makan,tips mengatasi si picky eater
Tips Menghadapi Anak Dengan Kebiasaan Picky Eater - Ladies, rasanya cemas  ya  kalau memerhatikan si kecil yang susah sekali  untuk  makan atau  milih-milih  makan alias  picky eater. Inginnya kita sih makan dengan teratur dan menu yang sehat. Cuma  ya, susahnya  itu mereka  malah lebih  suka makan di luar  atau ...