Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Untuk Para Hijaber

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Untuk Para Hijaber – Ladies,  meski anda berjilbab, bukan berarti tidak perlu untuk merawat rambut, lho.Malah karena  rambut anda tertutup sepanjang hari  selama beraktivitas  di luar. Selain merawat wajah,  anda juga eprlu merawat rambut, tapi ada beberapa  cara perawatan berbeda  dengan  wanita  lain  yang tidak  berjilbab.  Lalu bagaimana sebenarnya  cara  untuk merawat rambut  yang benar bagi wanita yang berjilbab? Yuk  simak tips berikut  ini.

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Untuk Para Hijaber

Memillih Bahan Jilbab

Mau memakai  model jilbab  apappun,  pilihlah jilbab  yang terbuat dari  bahan  katun atau kaus  yang bis menyerap  udara dengan baik. Selain membuat kulit kepala terasa  nyaman dan bisa menyerap  kerinngat  selama dipakai juga  mencegah  timbulnya ketome pada rambut  yang mengganggu.

Rambut  Harus Selalu Kering

Selain  membuat rambut jadi bau, membiarkan rambut dalam keadaan basah selama berjilab juga bisa membuat rambut  jadi rusak, lepek dan memicu suburnya ketombe. Selain itu bau yang tertinggal akibat rambut  dibiarkan dalam keadaan basah ketika berjilbab  biasanya lama hilangnya (kembali normal).

Memilih Warna Jilbab  Yang Tepat

Selain bahan  kain yang baik, piliihlah jilbab dengan warna yang lembut.  Efeknya, selain terasa  sejuk pada kepala  juga baik bagi  rambut  dan mencegah rambut  mudah rontok.

Frekuensi Berkeramas

Jagalah kebersihan kulit kepala dan rambut dengan berkeramas secara teratur. Tidak harus setiap hari. Dalam seminggu  paling 2-3 kali  kita perlu berkeramas. Hasil yang lebih baik  bila kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan  kondisioner,  tonik atau serum yang bahannya  cocok dan sesuai dengan jenis  rambut  kita. Karena kita berjilbab,  pilihlah waktu yang tepat untuk bekeramas yaitu pada sore  hari. Berkeramas  pada pagi hari  membuat rambut lama kering dan tidak disarankan untuk sering-sering menggunakan  hair dryer  karena  bisa membuat rambut jadi kering, kusam dan mudah patah.

Rajin Menyisir Rambut

Mentang-mentang berjilbab jangan sampai membuat  anda lupa atau malas menyisir rambut setiap hari.  Hindari penggunaan sisir dengan gigi yang rapat karena  bisa membuat rambut tertarik sehingga jadi rontok.  Selain  itu,  usahakan untuk tidak memulai menyisir  rambut dari  garis  belahannya, karena  bisa  membuat rambut jadi lebih mudah rontok.

Mengikat Rambut

Karena  rambut  anda panjang, tentunya saat akan berjilbab  perlu  menggunakan ikat rambut agar tetap rapi. Hindari pemakaian karet gelang atau jepitan dari bahan logam karena  bisa menyebabkan rambut  jadi rusak.  Perhatikan juga cara mengikatnya. Terlalu kencang menggelung atau mengikat rambut selain membuat rambut jadi cepat  rontok juga  menyebabkan  pusing.

Perawatan Dari Dalam

Selain melakukan perawatan dari dalam,  penuhi juga gizi untuk rambut dengan memperbanyak  konsumsi makanan dengan  kandungan protein dan vitamin yang tinggi.

Pergi Ke Salon

Dalam sebulan sekali  tidak ada salahnya bila anda pergi ke salon untuk memanjakan rambut. Anda bisa  mengambil perawatan creambath  atau hairmask, sesuai dengan kebutuhan rambut.

gambar: topwalls.net