Tips Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Miss V

Tips  Mudah  Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Miss V  – Ladies,  salah satu  masalah  yang sering dialami  wanita dan  dirasa  mengganggu  adalah  penyakit keputihan.  Disebut  penyakit  bila  jumlahnya terlalu banyak, berbau  dan menyebabkan  gatal  yang kadang disertai   rasa  panas.  Selain mengganggu  dan membuat kita tidak nyaman, juga  bisa menyebabkan penyakit lain. Masitis  misalnya,  yang ditularkan dari  bayi  yang menyusui karena  ibu  mengidap  keputihan saat melahirkan.

an ill woman in the bathroom

Selain faktor  penyakit,  gaya hidup dan pola  makan  juga bisa menjadi  penyebab  masalah  keputihan. Namun tidak semua  lho, makanan  yang dituding sebagai    penyebab keputihan. Mungkin anda pernah mendengar mitos yang mengatakan kalau wanita jangan banyak-banyak makan mentimun. Konon katanya mengonsumsi  mentimun  bisa memicu  timbulnya keputihan atau paling tidak organ miss  v cenderung basah.

Padahal untuk  merawat  kesehatan miss  V  kita bisa  melakukan beberapa  hal  ini yang mudah dan bisa kita lakukan setiap hari.

Jangan Gunakan Pengharum

Selain menghindari mencuci  miss v dengan sabun yang harum,  jangan gunakan pengharum  untuk organ khusus  anda  yang satu  ini. Selama anda  menjaga pola makan yang sehat,  dengan sendirinya  miss v anda   akan tetap bersih dengan sendirinya. Menggunakan sabun apalagi sabun mandi  untuk  miss v akan merusak  keseimbangan pH di daerah ini.

Jaga Selalu Kebersihan Miss V

Jangan pernah malas untuk membersihkan  miss V selama menstruasi agar tidak jadi tempat tumbuh dan berkembang  biaknya  jamur dan bakteri jahat. Selain itu bila anda menunda-nunda  mengganti  pembalut akan menyebabkan  selangkangan teriritasi. Belum lagi kalo sedang deras-derasnya darah  dari pembalut  bisa rembes dan tembus  pada rok atau celana  yang anda pakai.

Pakai Celana Katun Yang Baik

Pastikan anda memakai celana katun yang   baik dan  menyerap keringat dengan optimal. Bukan cuma mahal saja, lho.   So, anda tidak perlu memakai celana yang terbuat dari renda, sutera atau bahan lainnya yang tidak bisa  menyerap keringat. Buat apa  kalau pakaian dalam  mahal anda  hanya  mengundang  masalah dan penyakit?

Janga Biasakan Memakai Pakaian  Yang Ketat

Perhatikan kembali  kebiasaan anda mengenakan pakaian. Mulai sekarang  jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat, seperti legging, misalnya. Selain lecet,  juga bisa menghambat sirkulasi udara  pda area miss V.

Mencukur Rambut Miss V

Satu kebiasaan  yang harus diingat dan jangan terlewatkan adalah mencukur rambut miss v secara teratur. Tahukah  ladies, kalau anda malas  melakukan hal ini  bisa  membuat  miss v  cenderung lembab, menyebabkan bakteri mudah berkembang biak dan  jamur jadi  mudah tumbuh  subur di daerah  ini?

Senam Kegel

Melakukan senam kegel secara teratur  juga bisa membantu menjaga  kesehatan miss v. Saat  buang air kecil, tahanlah sebentar dengan mengencangkan otot-otot anda lalu  lepaskan.

sumber: womenshealthmag.com