Tips Nyaman Membawa Balita Ke Acara Buka Bersama

Tips  Nyaman Membawa Balita Ke Acara  Buka Bersama – Ladies,  apakah  saat  bulan puasa sekarang anda  mendapatkan banjir  undangan buka puasa  yang  lumayan padat? Mulai  buka bersama di kantor, teman-teman sekolah  dan kuliah,  dan berbagai komunitas  lainnya? Bagi  yang belum menikah tentu  lebih mudah mengatur  jadwal  untuk  ikut acara  buka bersama ini, ya.  Tapi bagaimana  bagi yang sudah menikah dan mempunyai anak  yang  masih balita?  Tentunya tidak  mudah  dan  harus pintar menyiasatinya.

Family dinner

Tidak ada salahnya lho mengajak  anak-anak balita  anda mengikuti acara buka bersama.  Selain  kita tidak merasa  kagok  karena  tidak  menitipkan  pada  saudara  atau orang tua/mertua  ada  manfaat  yang bisa kita dapatkan dengan  membawa anak-anak ikut acara bua bersama.  Misalnya saja mengajari anak-anak  untuk bersosialisasi dengan orang-orang lain, mengajarkan  kebersamaan dan mengajar  mereka  untuk berjiwa empati   bila  menghadiri buka bersama  anak-anak yatim atau tidak mampu.

Agar acara  buka bersama  yang anda ikuti  bersama anak-anak tetap  nyaman dan tidak mengganggu, berikut  ini adalah  tips  yang bisa  anda  simak seperti  yang dilansir  oleh ayahbunda.

 

Buka Bersama di Restoran

  • Pilih  lokasi  buka bersama  yang nyaman bagi anak-anak agar tidak rewel. Selain  menyediakan  area  yang  menyediakan  tempat bermain untuk anak-anak, pastikan jadi  restoran  yang dipilih  menyediakan area  yang bebas  asap rokok dan menyediakan  menu  untuk anak—anak.
  • Datang lebih awal ke lokasi  agar  bisa mencari tempat duduk  yang nyaman.
  • Jangan lupa membawa  popok cadangan  dan baju ganti,  baju hangat  dan makanan  khusus  bagi mereka untuk mengantisipasi  bila restoran  tidak menyediakan menu bagi anak-anak  atau  si kecil tidak  bisa makan makanan yang disediakan.
  • Jangan lupa membawa  mainan  atau buku  agar bisa mengalihkan perhatian saat mereka  mulai rewel atau  bosan.
  • Jauhkan anak-anak dari benda berbahaya seperti  garpu, pisau  untuk mengiris daging  atau piring dan gelas  yang mudah pecah dan ujung meja agar mereka tidak menarik ujung taplak.

Buka Bersama di Rumah

  • Akan lebih menyenangkan   dan lebih tenang  bila  ternyata buka bersama diselenggarakan di rumah anda sendiri. Anda punya waktu lebih leluasa  mengawasi si kecil, tidak perlu repot-repot  membawa keperluan si kecil  dan menempuh perjalanan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila  anda menjadi tuan rumah acara  buka bersama.
  • Siapkan satu ruangan khusus  untuk menampung anak anda dan teman  lainnya  yang datang agar mereka  betah bermain. Buat ruangan senyaman mungkin, tidak  terlalu dingin atau terlalu panas dan mainan  yang cukup  untuk  mereka.   Jauhkan benda-benda berbahaya dari ruangan ini.
  • Siapkan makanan  khusus  untuk anak-anak yang sehat, tidak pedas, dan bebas dari  bumbu penyedap.
  • Pastikan kondisi listrik di rumah dalam keadaan stabil karena bila tiba-tiba listrik mati bisa membuat mereka  kaget dan menangis ketakutan.


Buka Bersama di Rumah Teman

  • Bila kita hadir  sebagai undangan buka bersama di rumah teman,  jangan lupa  untuk menginformasikan anda  akan membawa anak  balita sehingga tuan rumah akan menjauhkkan benda-benda  tajam dan berbahaya  dari jangkauan anak-anak.
  • Membawa  stroler, bouncer atau  ayunan  untuk si kecil,  sebagai antisipasi bila pemilik rumah tidak  memiliki ruangan  khusus  untuk menampung anak-anak.
  • Bawa makanan  khusus untuk anak-anak untuk  berjaga-jaga  bila makanan  yang tersedia tidak cocok untuk si kecil.

 

gambar: huffingtonpost.com