Tips Panduan Aman Menggunakan Internet Untuk Anak-anak

Tips Panduan Aman  Menggunakan  Internet  Untuk Anak-anak  – Didiklah anak sesuai jamanmu. And pasti  familiar  dengan  ungkapan  ini. Perkembangan  jaman  sekarang dengan waktu kita kecil dulu  memang  beda banget.  Saat kita baru mulai mengenal gadget pada  masa sekarang, anak-anak usia  balita  malah sudah banyak yang tahu gadget, memainkan gamenya malah sudah bisa bermain game di internet  dari handhpone, tablet atau laptop.

Bolehkah?  Tentu saja  boleh selama kita  para orang tua  mendampingi mereka agar  tidak terjebak membuka  situs  yang tidak seharusnya mereka  ulik.  Berikut  ini adalah tips yang bisa anda praktekkan untuk mendampingi putera puteri  anda menjelajahi  internet.

Tips Panduan Aman  Menggunakan  Internet  Untuk Anak-anak

Pasang Password

Agar anak tidak sembarangan membuka  gadget dan mengakses internet, anak-anak tidak boleh tahu password  yang anda  seting. Setiap mereka  akan menggunakan, harus selalu  izin anda  dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Misalnya kapan bisa membuka  internet dan berapa  lama mereka  boleh menggunakannya

Pasang Filter Situs

Sudah banyak software  yang bisa  kita pasang untuk memblokir situs tertentu yang mengkhawatirkan tidak layak diakses  atau dilihat anak-anak. Selain situs-situs  porno, situs lainnya yang mengumbar kekerasan,  rasisme  atau  game online  yang  tidak layak tonton  bisa kita  blokir dengan menggunakan  apllikasi  ini.

Jangan Pasang  Kamera Video

Adakalanya kita membutuhkan video untuk  skype dengan saudara di  luar negeri atau dengan klien. Namun saat anak-anak menggunakan internet,  matikan video  ini   untuk mencegah  penyalahgunaannya.  Bila anak-anak membutuhkan  video  untuk bercakap-cakap dengan family  atau kerabat, dampingi mereka sampai selesai.

Jelajahi Riwayat

Cek  kembali di fitur  history, laman apa saja yang sudah  dibuka oleh anak-anak setelah  menggunakan internet.

Simpan  Komputer/Laptop di Ruang Keluarga

Kapan pun anak-anak ingin membuka internet, pastikan anda bisa mengawasi dan melihat  apa saja yang dibukanya. Jangan biarkan anak-anak asik sendiri membuka internet  di kamar mereka masing-masing. Cara paling aman adalah dengan menempatkan komputer atau laptop  di ruang keluarga.

Edukasi Secara Personal

Berikan penjelasan  yang mudah dipahami dan dimengerti anak-anak tentang bahaya penyimpangan menggunakan internet. Berikan  penjelasan pada mereka  untuk tidak terbuka  menceritakan identitas diri dan keluarga pada  orang  yang baru  dikenal di internet.  Jangan mengumbar foto,  memberikan alamat lengkap dan posisi mereka ketika menggunakan internet  agar tidak menjadi objek  para pelaku kejahatan online.

Tips Lainnya

Cara lainnya untuk melindungi anak-anak anda agar tidak salah menggunakan internet  adalah dengan  memaksimalkan  fitur  yang diberikan oleh penyedia layanan internet  atau aplikasi peramban (google chrome atau mozila)  untuk  memblokir  situs-situs  khusus  dewasa.  Anda  juga bisa memilihkan mereka situs tertentu  yang bisa diakses  untuk mendapatkan pengetahuan atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan usia anak-anak anda.

gambar: ec.europa.eu