Tips Simpel Mengatur dan Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Tips Simpel Mengatur dan Menyelesaikan Pekerjaan Rumah – Ladies,  menjalani  pilihan sebagai wanita  karir atau ibu rumah tangga  mempunyai  konsekuensi  masing-masing yang berbeda. Begitu juga  bagi kita  yang memilih untuk menjalani keduanya, menjadi  wanita  karir  dan ibu rumah tangga sekaligus.  Pastinya  perlu  kecerdikan  mengatur waktu, ya. Jangan sampai  kesibukan di kantor  dan di rumah membuat  kita  jadi stres.

Beberapa  pekerjaan rumah kadang  bisa kita atur kapan mengerjakannya.Misalnya  kesibukan rutin menyiapkan sarapan, memasak atau mencuci  piring. Namun ada kalanya semua pekerjaan datang serentak dan membuat  kita  panik  karena ingin menyelesaikan semuanya. Agar anda tidak keteteran mengerjakan  pekerjaan rumah, coba simak tips  berikut ini.

Tips Simpel Mengatur dan Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Buat Jadwal  Pekerjaan

Cobalah  untuk membuat daftar pekerjaan  rumah  secara  teratur setiap hari. Dengan membuat jadwal  ini, anda akan lebih tenang mengerjakan  pekerjaan rumah  dan mendahulukan  yang lebih  penting dan mendesak.  Agar  memudahkan, anda  bisa memasangnya di kamar  atau di dapur dan beri tanda pada  beberapa pekerjaan tertentu  yang harus segera diselesaikan. Kalau  bisa, anda juga bisa membuat  reminder  di  ponsel atau gadget  lainnya  untuk  mengingatkan anda. Misalnya jam 11.30 waktunya menjemput si kecil dari sekolah. Jam 3 sore  waktunya  untuk memandikan si kecil  dan sebagainya.

Do it  Now

Kadang-kadang  kita dibuat  panik dengan pekerjaan karena  suka menunda-nunda pekerjaan. Jadi sebelum anda bersantai dan ngobrol dengan teman ditelepon atau  membahas pekerjaan lewat  aplikasi WA atau BBM coba lirik dulu  pekerjaan rumah. Toh, anda bisa  men-scroll  up  obrolan  di grup, kan?  Kalau sudah menyelesaikan pekerjaan,  ketika anda tiba-tiba harus  pergi pun anda tetap tenang  meninggalkan rumah dalam keadaan rapi dan makanan  tersedia  untuk anggota keluarga.

Jangan Ragu Meminta Bantuan

Masalah  umum lainnya para wanita adalah  sering merasa  tidak enak  untuk meminta tolong termasuk pekerjaan rumah.  Jadi,  jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan suami ana membantu pekerjaan  rumah. Misalnya ketika anda menyiapkan makan malam, tidak usah  ragu untuk meminta tolong   suami menjaga si kecil  atau si sulung mengerjakan PR. Bila anak-anak sudah besar,  libatkanlah mereka  untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat beres.

Jangan Lupa Istirahat

Mentang-mentang ingin segera  beres, jangan sampai anda  melupakan  hak tubuh anda untuk beristirahat.  Anda bisa beristirahat beberapa  menit sebelum melanjutkan dengan pekerjaan berikutnya. Namun jangan terlalu lama, ya. Semakin lama menunda  malah membuat kita semakin malas melanjutkan pekerjaan.

Tips Lainnya

Simpan barang-barang  yang penting di tempat  yang mudah  dijangkau dan ditemukan. Bila anda melihat koran atau  majalah yang tergeletak segera kembalikan ke tempatnya. Kadang-kadang hal yang tampak sepele seperti  ini  membuat  kita tidak terlalu ape membereskan rumah, lho.  Begitu juga misalnya  bila selesai makan.  Ajari ana-anak untuk segera  mencuci bekasnya. Tumpukan piring kotor di wastafel akan jarang anda temui.

Bila semua pekerjaan rumah sudah selesai, anda lebih leluasa  untuk menikmati me time, sekadar  membaca, menonton  tv atau pergi jalan-jalan ke luar.

gambar: wikipedia